3 Elemen Capaian Pembelajaran untuk Jenjang PAUD, Penting untuk Kesiapan Pendidikan Dasar

(nusantara7.id) – Pada akhir fase fondasi, anak didik menunjukkan kegemaran mempraktikkan dasar-dasar nilai agama dan budi pekerti, kebanggaan terhadap dirinya dan dasar-dasar kemampuan literasi.

Di dalam proses belajar mengajar, PAUD membutuhkan beberapa elemen Capaian Pembelajaran. Sebab beberapa elemen Capaian Pembelajaran ini sangat mendukung dalam proses belajar mengajar anak didik.

Beberapa elemen Capaian Pembelajaran ini untuk membangun sikap positif terhadap belajar dan kesiapan dalam mengikuti pendidikan dasar. Bahkan dalam elemen Capaian Pembelajaran terdapat kemampuan literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, seni.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari salinan Kemendikbud Nomor 008/H/KR/2022, beberapa elemen Capaian Pembelajaran yang dipakai di satuan PAUD ini ada tiga macam.

Adapun tiga macam elemen Capaian Pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Nilai Agama dan Budi Pekerti

Anak didik percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran pokok sesuai dengan agama dan kepercayaan-Nya. Dalam hal ini, anak didik berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan diri.

Partisipasi aktif anak didik ini sebagai bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Anak didik menghargai sesama manusia dengan beragam perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik, serta berakhlak mulia.

2. Jati Diri

Beberapa macam elemen Capaian Pembelajaran ini adalah bertujuan agar anak didik mengenali, mengekspresikan, serta mengelola emosi diri. Bahkan adanya jati diri ini bisa membangun hubungan sosial secara sehat.

Dengan adanya jati diri bisa membuat anak didik mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan, serta rasa bangga sebagai anak Indonesia berlandaskan Pancasila. Anak didik bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan, serta norma.

3. Dasar-dasar Literasi

Anak didik mengenali dan memahami beragam informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau memakai beragam media, serta membangun percakapan. Anak didik menunjukkan minat, kegemaran, serta berpartisipasi dalam kegiatan.

Adapun kegiatan untuk berpartisipasi adalah pramembaca dan pramenulis. Anak didik mengenali dan menggunakan konsep pramatematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah tiga macam elemen Capaian Pembelajaran yang dipakai di satuan PAUD. Tiga macam elemen Capaian Pembelajaran ini dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar ini diterapkan dalam mengajar anak didik.

(AGP/SWP)

source:pikiran-rakyat.com

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF