3 Tipe Diet yang Direkomendasikan untuk Penderita PCOS

(NS7) – Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah kondisi hormonal yang paling umum pada wanita usia reproduksi. Seorang wanita bisa didiagnosis mengalami PCOS jika mengalami minimal dua dari kondisi berikut: Menstruasi tidak ada atau tidak teratur. Peningkatan hormon pria, jerawat atau pertumbuhan rambut abnormal pada wajah, dada dan perut. USG menunjukkan ovarium polikistik. PCOS tidak dapat dicegah sepenuhnya karena sebagian besar kasus diperoleh secara genetik. Akan tetapi, PCOS juga bisa terjadi karena faktor gaya hidup seperti kurang olahraga, berat badan berlebih, stres, dan pola makan yang buruk.

Cara mengelola gejala PCOS

PCOS memang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, Anda bisa mengelola gejalanya. Salah satu cara mengelola gejala PCOS adalah dengan mengatur pola makan. Berikut rekomendasi pola makan yang bagus untuk penderita PCOS:

1. Diet rendah indek glikemik

Tubuh mencerna makanan dengan indeks glikemik rendah lebih lambat. Dengan kata lain, makanan dengan indeks glikemik rendah tidak bisa menyebabkan kadar insulin naik dengan cepat. Makanan yang direkomendasikan dalam pola diet ini antara lain biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, sayuran bertepung, dan makanan rendah karbohidrat yang tidak diproses lainnya.

2. Diet anti-inflamasi

Jika Anda menderita PCOS, mengonsumsi makanan anti-inflamasi dapat membantu mengendalikan berat badan Anda, serta berpotensi mengurangi peradangan yang memicu PCOS. Makanan anti-inflamasi, seperti buah beri, ikan berlemak, sayuran hijau, dan minyak zaitun extra virgin, juga dapat mengurangi gejala terkait peradangan, seperti kelelahan.

3. Diet DASH

Dokter sering merekomendasikan diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) untuk mengurangi risiko atau dampak penyakit jantung. Akan tetapi, pola diet ini juga dapat membantu mengelola gejala PCOS. Saat menjalani diet DASH, Anda disarankan untuk memilih makanan seperti ikan, unggas, buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan produk susu rendah lemak. Diet ini tidak menganjurkan makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula.

Makanan yang harus dihindari

Penderita PCOS juga harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Berikut makanan yang harus dihindari penderita PCOS:

. Karbohidrat olahan seperti kue kering yang diproduksi secara massal dan roti putih.
. Makanan yang digoreng seperti makanan cepat saji.
. Minuman manis seperti soda dan minuman energi.
Daging olahan seperti hot dog, sosis, dan daging makan siang.
. Lemak padat termasuk margarin, shortening, dan lemak.
.
Daging merah berlebihan seperti steak,dan hamburger.

(AGP/DN)

Sumber:https://health.kompas.com/

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF