4 Manfaat Hati Ayam untuk Kesehatan, Baik untuk Mata sampai Jantung

KOMPAS.com – Label jeroan yang melekat pada hati ayam membuat bahan makanan ini kerap dianggap tidak sehat. Padahal, apabila dimasak dengan tepat, hati ayam dapat bermanfaat untuk kesehatan. Bahan makanan yang relatif murah ini juga rendah kalori dan menyimpan sederet nutrisi penting. Sebelum mengulas manfaat hati ayam untuk kesehatan, kenali dulu kandungan nutrisinya.

Kandungan nutrisi hati ayam

Dilansir dari WebMD, hati ayam kaya akan asam lemak esensial dan protein. Selain itu, bahan makanan ini juga mengandung sederet mineral dan vitamin penting, di antaranya:

  • Zat besi
  • Folat
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Tembaga
  • Selenium
  • Kolin
  • Niasin
  • Riboflavin

Dengan segudang kandungan nutrisi hati ayam, berikut potensi manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat hati ayam

Kandungan mineral dan vitamin hati ayam menyimpan beberapa potensi khasiat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat hati ayam untuk kesehatan:

  • Membantu menjaga berat badan ideal

Hati ayam adalah sumber protein yang cocok dikonsumsi pelaku diet sehat seimbang. Bahan makanan ini rendah kalori dan mengenyangkan. Saat direbus, rata-rata seporsi hati ayam hanya mengandung 73 kalori. Jika ingin mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan, hindari hati ayam goreng. Seporsi hati ayam goreng memiliki 180 kalori. Selain itu, makanan ini saat digoreng jadi lebih tinggi natrium dan lemak, sehingga hati ayam jadi tidak sehat.

  • Mencegah anemia

Manfaat hati ayam yang sayang dilewatkan lainnya yakni menjaga kesehatan darah, terutama mencegah anemia. Sel darah merah tubuh membutuhkan zat besi dan vitamin B12 untuk mengangkut oksigen. Tanpa zat besi dan vitamin yang cukup, tubuh bisa mengalami anemia. Dengan kandungan zat besi dan vitamin B12, hati ayam bisa membantu mencegah masalah kesehatan ini.

  • Menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah

Hati ayam mengandung selenium dan mineral. Kedua zat gizi ini penting untuk mencegah dan mengelola kesehatan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah yang sehat, penyakit jantung, stroke, dan kolesterol tinggi bisa lebih terkendali.

  • Menjaga kesehatan mata, ginjal, sampai otak

Hati ayam juga dikenal sebagai makanan super untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam makanan ini dapat melindungi kesehatan mata, memperkuat sistem daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan organ ginjal. Sedangkan kandungan vitamin B2 atau riboflavin, membantu tubuh Anda membuat energi dari makanan dan menjaga sel tetap kuat. Selain itu, kandungan vitamin B12 dalam hati ayam juga membantu kinerja otak agar performanya lebih baik.

Kendati potensi manfaat hati ayam untuk kesehatan cukup menjanjikan, bahan makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Melansir Guardian, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi hati ayam secara berlebihan. Bila perlu, ibu hamil yang akan makan hati ayam berkonsultasi dulu dengan dokter yang menangani untuk menentukan batasan porsi yang paling tepat. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam hati hati ayam bisa membahayakan janin dalam kandungan ibu hamil apabila makanan ini dikonsumsi berlebihan. Selain itu, untuk meminimalkan risiko kesehatan secara umum, hati ayam perlu dimasak sampai matang sempurna. Tujuannya, untuk membunuh bakteri atau patogen yang terdapat dalam bahan makanan ini. Setelah mengetahui potensi manfaat hati ayam untuk kesehatan berikut kandungan nutrisinya, tidak ada salahnya memasukkan bahan makanan ini sebagai opsi sumber protein. Hal yang perlu diingat, jangan berlebihan dan hindari hati ayam yang digoreng. Pilih hati ayam yang direbus, dikukus, atau ditumis agar lebih sehat.

Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah
Sumber : Kompas.com

(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.