5 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

(NS7) – Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, adalah salah satu wilayah di Pulau Jawa yang terkenal akan keindahan ukiran mebelnya. Jepara merupakan tempat kelahiran R.A Kartini, penggagas emansipasi wanita di Indonesia. Selain terkenal dengan ukirannya, Jepara juga memiliki tempat wisata yang beragam, mulai dari yang menawarkan wisata bahari hingga wisata sejarah.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Kabupaten Jepara, berikut lima tempat wisata yang wajib dikunjungi:

Pantai Kartini 

Pantai Kartini merupakan salah satu tempat wisata di Jepara yang terletak di arah barat pendopo Kantor Bupati Jepara. Tepatnya, pantai ini terletak di Desa Bulu, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Dilansir dari situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara, masyarakat setempat lebih mengenal pantai ini dengan sebutan “mandian”. Pemakaian kata tersebut dikarenakan adanya sebuah tempat khusus untuk mandi yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Kawasan pantai ini luasnya sekitar 3.5 hektar yang dipenuhi oleh berbagai sarana pendukung. Di antaranya dermaga penyebrangan ke Pulau Panjang, pelabuhan ke Kepulauan Karimunjawa, Aquarium Raksasa Kura-Kura Ocean Park, dan hotel.

“Pantai Kartini ini cocok buat keluarga karena tempatnya sudah mirip dengan taman, jadi (bisa) menikmati hawanya (yang) sejuk dan tempat untuk foto juga banyak,” kata Tour Guide Jepara, Tri Kusuma Yulianto, saat diwawancara pada Rabu (25/8/2021) Menurut Tri Kusuma, harga tiket masuk Pantai Kartini sebesar Rp 5.000 per orang di hari biasa, dan Rp 8.000 per orang di hari libur.

Taman Nasional Karimunjawa 

Karimunjawa adalah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau yang terletak di pulau Jawa. Tepatnya 80 kilometer (km) sebelah utara dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Perjalanan ke kepulauan ini memakan waktu sekitar 3-4 jam jika naik kapal cepat dari Pantai Kartini tergantung cuaca pada hari itu, menurut Tri Kusuma.

Dengan perairan yang luas, Karimunjawa dikembangkan menjadi tempat wisata bahari. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kepulauan ini. Wisatawan bisa snorkeling dan diving, menyusuri hutan mangrove, dan bersantai di pantai. “Di Karimunjawa itu yang ramai pulau Menjangan Besar. Di sana bisa berenang sama hiu, ada penangkarannya juga dan ditemani sama orang yang sudah profesional. Spot diving-nya bagus juga,” ujarnya.

Hutan Wisata Sreni

Hutan Wisata Sreni Indah terletak di Desa Bategede, Jepara, kurang lebih 9,9 km dari Kantor Kecamatan Nalumsari. Tempat ini adalah kawasan hutan lindung dengan berbagai jenis tanaman pinus. Lokasinya yang berada di lereng Pegunungan Muria membuat hawa di kawasan hutan lindung ini sejuk dan nyaman untuk menjadi tempat wisata. Hutan wisata ini memiliki berbagai spot foto seperti gardu pandang, rumah pohon, hingga hiasan yang menambah keindahan dari hutan lindung ini.

“Hutan pinus ini tempatnya bagus. Recommended banget buat yang ingin refreshing menikmati alamnya Indonesia,” ujar Tri Kusuma. Beberapa fasilitas yang disediakan di Hutan Wisata Sreni Indah ada warung makan, warung kopi, Wi-Fi, dan tempat bermain anak-anak. Kawasannya yang cukup luas menjadikan hutan wisata tersebut cocok bagi wisatawan yang gemar berkemah.

Untuk memasuki kawasan hutan lindung ini, wisatawan cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang.

Museum R.A. Kartini

Museum yang mengenang pahlawan emansipasi perempuan ini berlokasi di Jalan Alun-Alun No. 1 Panggang, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.  Museum ini termasuk museum umum serta obyek wisata sejarah dan edukasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. “Kalau mau tau sejarahnya Kota Jepara semua ada di Museum R.A. Kartini. Semua peninggalan sejarahnya Kota Jepara dan peninggalan R.A. Kartini rapi ada di museum, masih bagus.

Dari mesin jahit yang umurnya udah puluhan tahun, andong, foto R.A. Kartini saat masih kecil, album foto keluarga Kartini, sampai foto keturunannya,” jelas Tri Kusuma.  Musem ini terbagi menjadi empat ruang koleksi. Ruang pertama berisi peninggalan Kartini, ruang kedua berisi benda-benda Jepara kuno, ruang ketiga berisi pengobatan Dar Oes Salam, dan ruang keempat berisi kerajinan terkenal dari Jepara.

Museum ini menerima pengunjung di hari Senin-Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB. Wisatawan yang berkunjung dikenakan biaya Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Kampung Prau 

Bagi wisatawan yang gemar menyaksikan matahari terbenam, Kampung Prau Pantai Bandengan adalah lokasi yang tepat untuk didatangi. Kampung Prau ini berlokasi di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara.

Sesampainya di tempat wisata ini, wisatawan akan disambut dengan suasana keindahan pantai. Di sore hari, wisatawan dapat melihat matahari terbenam dengan jelas. Menurut Tri Kusuma, pantai ini selalu ramai saat akhir pekan.

Di pinggir pantai terdapat banyak warung makan, sehingga wisatawan bisa menikmati senja sambil menyantap makanan di area tersebut. “Akses masuknya juga gratis, kita cukup bayar parkir dan nongkrong saja di kafe-kafe atau ada juga vila, hotel, sama penginapan di dekat situ,” katanya. (AGP/GS)

Source : https://www.kompas.com/

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF