5 Tradisi di Bali yang Unik dan Menarik untuk Diketahui

(Nusantara7.id)- Bali merupakan tempat yang menarik. Di Bali ada banyak properti budaya masyarakat setempat. Budaya Bali banyak dikemas sebagai atraksi budaya yang  sangat digemari oleh masyarakat.

Bahkan orang-orang dari luar negeri datang ke Bali untuk menikmati dan belajar tentang serangkaian tradisi unik yang diadakan oleh masyarakat Bali.

Itu sebabnya, tidak heran bahwa salah satu tujuan datang ke Bali adalah untuk melihat tradisi Bali yang unik.

Bali bukan hanya sekedar panorama dan pemandangan menarik saja. Tradisi di Bali juga sangat menarik untuk diketahui. Hal ini karena masyarakat di Bali memegang teguh tradisi unik mereka agar tidak sampai luntur.

Bagi yang sudah penasaran dengan tradisi unik Bali, silakan simak penjelasan berikut ini. Berikut ini dijelaskan dan diuraikan mengenai lima tradisi di Bali yang unik dan menarik untuk diketahui.

1.Tradisi Jatakarma

Tradisi Jatakarma adalah salah satu tradisi Bali yang dilakukan saat bayi lahir. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan kebahagiaan orang tua si bayi. Selain itu, upacara ini juga dipercaya dapat memberikan keamanan pada bayi ketika bayi tumbuh dewasa.

2.Tradisi memotong gigi

Tujuan dari tradisi pemotongan gigi adalah untuk mengendalikan kualitas buruk yang ada di dalam diri manusia, seperti nafsu, keserakahan, kemarahan, iri hati, dan lain sebagainya.

  1.   Tradisi Otonan

Tradisi Otonan merupakan tradisi untuk merayakan ulang tahun gaya Bali. Tradisi ini dilakukan oleh orang dewasa sebagai bentuk permohonan doa restu dari Tuhan untuk mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan.

  1.   Tradisi Pawiwahan

Tradisi Pawiwahan merupakan tradisi yang diselenggarakan untuk merayakan pernikahan di Bali. Perayaan pernikahan Bali dengan upacara adat disebut Pawiwahan.

Tujuan dari tradisi ini adalah untuk mewujudkan tujuan keluarga yang bahagia dan memiliki anak.

  1.   Tradisi Ngaben

Tradisi Ngaben dilakukan oleh orang-orang dewasa, diselenggarakan untuk orang-orang Bali yang sudah meninggal mendahului yang hidup.

Orang yang meninggal tersebut ditempatkan dalam posisi tidur di peti, ditempatkan dalam seekor lembu dan dibakar sesuai dengan tanggal yang ditentukan.

Itulah lima tradisi unik dan menarik yang hanya bisa dijumpai di Bali. Tradisi-tradisi tersebut sampai sekarang masih dipegang teguh dan dijalankan oleh masyarakat Bali. Hal ini agar warisan budaya yang ada tidak sampai luntur dan hilang.(AGP/PT)

source : https://prsoloraya.pikiran-rakyat.comcom/

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

 

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF