6 Makanan Tinggi Vitamin A untuk Jaga Kesehatan Mata

Jakarta – Vitamin A dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 700 – 900 mikrogram setiap harinya. Enam bahan makanan berikut sangat direkomendasikan ahli untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Vitamin A begitu populer untuk menjaga kesehatan mata. Nyatanya, manfaat vitamin A lebih banyak dibandingkan hanya untuk menjaga kesehatan mata.

VItamin A juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan imunitas hingga kesehatan reproduksi. Vitamin A merupakan makronutrien yang harus dipenuhi setiap harinya. Berdasarkan pada dosis yang disarankan oleh ahli, orang dewasa setidaknya harus memenuhi kebutuhan sebanyak 700 hingga 900 mikrogram vitamin A setiap harinya.

Vitamin A bisa dipenuhi secara alami melalui konsumsi beberapa bahan makanan selain melalui suplemen. Para ahli banyak merekomendasi makanan-makanan yang tinggi vitamin A. Banyak dari daftar yang direkomendasikan pun termasuk makanan yang mudah untuk ditemukan bahkan banyak tersedia di dapur-dapur rumah tangga.

Berikut ini makanan tingi vitamin A yang direkomendasikan ahli menurut Web MD:

1. Hati

Hati hewan selain dikenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi, juga dilengakapi dengan vitamin A yang padat. Baik hati sapi maupun hati ayam. Terutama pada 85 gram hati sapi matang dikatakan mengandung 6600 mikrogram vitamin A. Jumlah kandungan vitamin A tersebut dikatakan sudah sangat mencukupi kebutuhan harian tubuh bahkan 700% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Walaupun hati mengandung vitamin A yang padat tetapi konsumsi hati sapi hanya diperbolehkan tidak lebih dari sekali dalam seminggu untuk menghindari konsumsi vitamin berlebihan.

2. Produk Susu

Produk olahan susu biasanya hanya dikenal dengan kandungan kalsium dan proteinnya yang baik. Ternyata dibalik itu semua, susu dan berbagai produk olahannya mengandung vitamin A yang juga cukup padat dan disarankan untuk dikonsumsi oleh ahli. Banyak sekali jenis-jenis dan merek susu yang sudah terfortifikasi atau ditambahkan nutrisi dan mineral tambahan yang salah satunya adalah vitamin A. Beberapa produk susu bahkan dapat menyumbang 100 hingga 300 mikrogram vitamin A hanya dengan konsumsi sebanyak 250 mililiter.

3. Ubi

Ubi menjadi sumber bahan maknaan karbohidrat yang sangat oadat nutrisi. Salah satunya vitamin A yang terkandung dengan kadar yang sangat tinggi dalam ubi. Sebuah ubi dikatakan mengandung hingga 1400 mikrogram vitamin A yang artinya dapat memenuhi 150% dari kebutuhan harian vitamin A yang direkomendasikan. Ubi bahkan menjadi bahan makanan yang sangat direkomendasikan bagi mereka pelaku diet nabati.

4. Bayam

Bayam terkenal dengan sumber energinya yang begitu tinggi. Para ahli telah membuktikan bahwa bayam benar-benar makanan super yang padat nutrisi yang sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Sebanyak 64 gram bayam diketahui mengandung hingga 570 mikrogram vitamin A. Baik itu dikonsumsi secara mentah, matang atau bahkan dijadikan smoothie. Konsumsi bayam secara rutin juga dikatakan sebagai cara yang sederhana untuk menerima asupan serat dan vitamin A secara bersamaan.

5. Wortel

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa wortel mengandung vitamin A yang begitu tinggi. Sama seperti makanan-makanan berwarna oranye dan merah lainnya, wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang sangat baik. Sebanyak 64 gram wortel dikatakan oleh para ahli dapat memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 450 mikrogram. Kandungan vitamin A yang tinggi tersebut yang membuat wortel menjadi makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan mata.

6. Cabai

Bukan hanya rasa pedas, ternyata warna yang dimiliki oleh jenis-jenis cabai juga menunjukkan kandungan mineral dan vitamin apa yang ada di dalamnya. Jika cabai yang berwarna oranye hingga kemerahan, seperti cabai rawit setan misalnya, ternyata juga mengandung vitamin A yang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Pada 64 gram cabai rawit merah atau oranye bahkan diketahui dapat memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 120 mikrogram. Sedangkan untuk cabai hijau juga mengandung vitamin A walaupun tidak sebanyak cabai yang berwarna oranye. Cabai hijau hanya mengandung sebanyak 18 mikrogram vitamin A.

Sumber : Detik.com

(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.