9 Tips Siapkan Dana Pendidikan Anak, Tak Hanya Reksadana

(NS7) – Pendidikan merupakan hal penting, namun seringkali orang tua harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membiayainya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini.

Ada banyak alasan mengapa orang tua harus mempersiapkan dana pendidikan untuk anak. Dikutip dari buku ‘Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak’ oleh Safir Senduk, beberapa alasan yang mendasar, diantaranya tingginya biaya pendidikan, biaya pendidikan yang terus mengalami kenaikan, ketidakpastian ekonomi di masa mendatang, dan ketidakpastian fisik orang tua di masa mendatang.

Dalam mempersiapkan dana pendidikan, tidak sedikit orang tua melakukan kesalahan yang mungkin tidak disadari, seperti tidak memperkirakan besaran jumlah biaya pendidikan anaknya di masa mendatang. Namun, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mengkalkulasi jumlah biaya yang dibutuhkan.

Kesalahan lainnya adalah kebiasaan orang tua yang tidak melindungi tabungan mereka, contohnya tidak ada antisipasi risiko kematian atau ketidakmampuan bekerja. Akibatnya, hal tersebut dapat menjadi ancaman dalam menabung.

Antisipasi risiko merupakan hal penting. Safir Senduk dalam bukunya yang berjudul Keuangan Keluarga menjelaskan, risiko bisa berpengaruh terhadap keuangan. Seperti kehabisan uang untuk biaya pengobatan salah satu anggota keluarga, padahal dibutuhkan waktu tertentu untuk mengumpulkan uang tersebut.

Selain itu, antisipasi risiko juga dilakukan untuk mempersiapkan risiko yang akan terjadi secara bersamaan. Terakhir, ada risiko yang pasti terjadi yakni kematian. Untuk itu penting bagi orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan sejak dini.

Untungnya, ada banyak tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mempersiapkan dana tersebut. Mulai dari menabung sendiri, mengambil asuransi pendidikan, hingga berbagai bentuk investasi lainnya. (AR)

Sumber : detik.com

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF