Agar Padi Terhindar dari Hama, Lakukanlah 5 Cara Ampuh Berikut ini

Denpasar, (NS7) – Keberhasilan panen padi tergantung pada perawatan padi yang kita tanam. Salah satu yang mengakibatkan menurunnya panen padi adalah akibat gangguan hama dan penyakit. Hama inilah yang selalu mengganggu pertumbuhan padi sehingga produksi menurun saat waktu panen tiba.

Biasanya beberapa diantaranya yang sering mengganggu atau hama padi adalah tikus, serangga dan burung. Perlu perawatan dan pemantauan yang rutin saat menanam padi, terutama saat menginjak musim panen.

Berikut ini kami sajikan beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan agar padi terhindar dari serangan hama.

  1. Menggunakan Insektisida

Insektisida merupakan bahan yang digunakan untuk mengusir serangga. Insektisida ini bisa digunakan untuk menghindari serangan hama serangga pada tanaman padi. Insektisida ini merupakan bahan-bahan kimia yang bersifat racun dan digunakan untuk membunuh serangga.

  1. Pengasapan

Pengasapan ini merupakan cara tradisional untuk mengusir hama di sawah. Para petani biasanya memanfaatkan asap dari dedaunan yang dibakar untuk mengganggu tikus dan wereng di sawah. Mereka akan mengarahkan asap ke lubang-lubang tikus untuk mengusirnya, kemudian menutup lubang-lubang tikus tersebut.

  1. Mina Padi

Mina padi juga merupakan cara tradisional untuk mengusir hama tikus di sawah. Mina padi ini adalah pemanfaatan lahan pesawahan untuk ditanami padi dan dijadikan tebar ikan konsumsi. Karena lahan sawah yang dijadikan media tebar ikan konsumsi sehingga mengurangi resiko dijadikan tempat bersarangnya hewan pengerat tikus.

Selain itu, cara tradisional ini juga menjadikan lahan pesawahan lebih produktif. Selain dapat menanam padi juga bisa membudidayakan ikan untuk konsumsi.

  1. Menggunakan Boneka Sawah

Cara yang satu ini juga merupakan cara tradisional yang digunakan para petani untuk mengusir hama di sawah. Biasanya boneka sawah ini terbuat dari jerami yang ditutupi kain atau pakaian sehingga menyerupai manusia. Dengan cara ini petani mencoba mengusir hama padi seperti burung dan tikus.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Sama seperti pestisida, bawang putih juga bisa dijadikan alternatif untuk mengusir hama wereng dan tikus di sawah. Hal ini dimungkinkan karena bawang putih yang memiliki aroma menyengat yang dapat mengganggu dan mengusir hama wereng dan tikus.

Sumber : potensibisnis.com
(ESS/ACP)

 

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF