Alasan Mengapa Indonesia Dikenal Sebagai Negara Agraris

Nusantara7.id – Agraris adalah kata yang sering ditujukan pada negara Indonesia. Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris? Hal tersebut berkaitan dengan sektor pertanian yang menjadi keunggulan utama negara Indonesia.

Kondisi ini juga dipengaruhi oleh geografis Indonesia. Tanah yang subur sehingga negara ini sangat potensial di bidang pertanian dan perkebunan.

Mengapa Indonesia Dikenal Sebagai Negara Agraris?

Menurut buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5,  Christiana Umi (2019:161), negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian.

Tentu saja hal ini berkaitan dengan lahan subur yang dimiliki oleh negara Indonesia. Hal tersebut dipengaruhi juga dengan keberadaan gunung berapi yang masih aktif dan juga luasnya lahan subur yang dapat dijadikan lahan pertanian.

Dengan adanya abu vulkanik dari gunung-gunung tersebut, juga memengaruhi kesuburan tanah di Indonesia. Tanah yang subur merupakan aset penting dalam bidang pertanian.

Pertanian merupakan kunci penting dalam pengembangan sektor lainnya, khususnya di negara berkembang. Sektor pertanian ini tidak dapat dipisahkan dengan produksi pangan.

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris? Indonesia disebut sebagai negara agraris karena kebanyakan penduduknya bekerja di sektor pertanian di antaranya petani, peternak, dan nelayan.

Pusat Data dan Informasi Pertanian (2020) menyebutkan bahwa 27,4% angkatan kerja di Indonesia atau 35,3 juta orang bekerja di sektor pertanian, dikutip dari Menuju Indonesia Maju 2045, Pemikiran Guru Besar Universitas Gadjah Mada.

Sebagai negara agraris, Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan untuk komuditas ekspor yang telah dikenal di dunia.

Faktor Indonesia Sebagai Negara Agraris

Sebutan agraris tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah.

1. Luasnya lahan pertanian yang dimiliki oleh Indonesia.
2. Potensi dalam sektor pertanian.
3. Iklimnya mendukung untuk pertumbuhan berbagai macam tumbuhan sepanjang tahun.
4. Penduduk yang bergantung pada sektor pertanian.

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris? Hal tersebut berkaitan dengan pertanian di Indonesia. Penduduknya sebagian besar bekerja di sektor pertanian, dan faktor lainnya mulai dari iklim hingga potensi negara ini. (AGP/GP)
Source : kumparan.com

Eh, liat ini deh. AFC Fried Chicken, Jl. Raya Puputan No.7 Renon di GoFood.
https://gofood.link/a/Kg1yhZo

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF