Cara Masak Pastel agar Tidak Berminyak

Denpasar, (NS7) – Pastel merupakan salah satu camilan renyah yang dimasak dengan teknik goreng. Pastel harus digoreng dengan baik untuk mendapatkan tekstur renyah yang sempurna, Koki di perusahaan tepung pre – mix Chef Solihin mengatakan, pastel sebaiknya digoreng dalam minyak panas dengan suhu sekitar 120-150 derajat Celcius.

Selama menggoreng pastel, balik pastel secukupnya agar semua sisi pastel dapat matang merata hingga berwarna kuning keemasan. Cara menggoreng pastel juga menentukan agar pastel tidak menyerap banyak minyak.

“Begitu diangkat dari penggorengan, simpan dulu di saringan atau di cooling wire untuk mendinginkan pastel,” kata Solihin kepada Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memasak pastel agar tidak menyerap banyak minyak adalah cukup menggoreng pastel satu kali. Solihin menuturkan, menggoreng pastel sebanyak dua kali memang termasuk salah satu teknik memasak pastel.

Namun, pastel yang digoreng dua kali hanya disarankan untuk pastel frozen atau pastel beku yang sudah disimpan di freezer selama beberapa hari. Sementara pastel yang akan langsung digoreng setelah dibentuk, sebaiknya hanya digoreng satu kali. “Pastel yang digoreng dua kali itu dapat mengakibatkan penyerapan minyaknya lebih banyak,” tutur Solihin.

Sumber : kompas.com
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF