Cara Membuat Terang Bulan Mini Bersarang dan Tidak Bantat

Denpasar, N7 – Terang bulan atau martabak manis mini banyak dijual dengan aneka topping yang menggiurkan. Kamu bisa membuat terang bulan mini di rumah dengan mudah. Namun, membuat terang bulan mini terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, sebagian orang pasti pernah membuatnya tetapi hasilnya bantat dan tidak berpori. Maka dari itu, simak beberapa tips membuat martabak manis mini dengan tampilan bersarang. Seperti yang dikutip dari buku “Martabak Imut Aneka Topping Untuk Jualan” (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

  1. Gunakan tepung terigu protein sedang

Cara membuat terang bulan mini yang pertama adalah gunakan tepung terigu protein sedang untuk membuat adonan. Mencampurkan tepung terigu protein sedang dengan bahan lain adonan terang bulan bisa membuat hasil terang bulan mini terasa kenyal. Menggunakan tepung terigu protein tinggi bisa membuat tekstur dari terang bulan mini tidak kenyal dan keras saat sudah dingin.

  1. Gunakan baking soda

Membuat terang bulan mini agar bersarang cukup mudah. Kuncinya adalah dengan menggunakan baking soda. Menambahkan baking soda dalam adonan terang bulan bisa menghasilkan adonan matang dengan tekstur yang berpori dan mengembang.

  1. Campurkan adonan hingga mengalir kental

Umumnya, bahan membuat terang bulan mini adalah tepung terigu, gula pasir, santan, ragi instan, telur ayam, dan soda kue. Campurkan semua bahan dengan cara diaduk-aduk hingga tercampur rata. Pastikan adonan yang dihasilkan tidak menggumpal, teksturnya cair, dan mengalir kental tidak terputus. Kalau adonan sudah dicampur, tunggu selama 15-20 menit agar soda kue bisa bekerja dengan baik dalam adonan terang bulan. Tempatkan wadah adonan di tempat yang hangat agar kerja soda kue maksimal.

  1. Panaskan loyang terlebih dahulu

Penyebab martabak manis tidak bersarang adalah penggunaan loyang yang masih dingin. Maka dari itu, gunakan loyang dalam kondisi panas medium. Atur api kompor kecil dan panaskan loyang hingga panas. Ada cara mengecek loyang sudah panas atau belum. Yaitu denagn cara menggunakan sebutir gula pasir. Kalau gula langsung meleleh dan tidak berwarna cokelat, itu tandanya loyang sudah panas medium dan siap untuk digunakan.

  1. Gunakan loyang kue lumpur

Dilansir dari buku “25 Macam Kue Indonesia Populer dari 5 Model Cetakan” (2011) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Kamu bisa menggunakan loyang kue lumpur untuk membuat terang bulan mini. Namun, pastikan untuk memanaskan cetakan terlebih dahulu. Selain itu, selalu gunakan api sedang saat memanggang adonan terang bulan mini.

Penulis : Alma Erin Mentari
Editor : Alma Erin Mentari
Sumber : Kompas.com 
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.