Dampak Ditemukan Komputer dalam Bidang Pendidikan

(NS7) – Penemuan komputer membawa dampak dalam bidang pendidikan. Dampak ini ada yang sifatnya positif atau bermanfaat, tetapi ada juga yang negatif atau merugikan.

Mengutip dari buku Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis (2005) karya M. Suyanto, komputer ditemukan pada 1822, oleh Charles Babbage, seorang ahli matematika asal Inggris.

Awalnya Charles hanya berinovasi untuk menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap. Namun, ternyata penemuannya ini menjadi cikal bakal komputer yang sampai saat kita gunakan.

Dampak komputer dalam bidang pendidikan

Dalam buku Pengembangan Teknologi Pendidikan Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Minat Belajar (2021) karya Winda Anggriyani Uno, disebutkan jika dalam bidang pendidikan, komputer digunakan sebagai sarana belajar.

Artinya komputer dimanfaatkan untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Contohnya komputer dipakai untuk mengerjakan tugas, mengetik tugas, mencari materi pembelajaran di internet, dan lain sebagainya.

Selain itu, dampak lain komputer dalam bidang pendidikan adalah kemudahan proses belajar mengajar. Adanya komputer memudahkan guru untuk menjelaskan materi, contohnya lewat multimedia, seperti animasi, video, dan lainnya.

Walau memiliki dampak positif, penemuan komputer di bidang pendidikan juga menimbulkan dampak negatif.

Menurut Deni Hardianto dalam jurnal Pemanfaatan Software Komputer untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ) Anak (2008), dampak negatif dari penemuan komputer dalam bidang pendidikan adalah mengurangi kemampuan bersosialisasi siswa atau guru.

Artinya proses pembelajaran yang dilakukan lewat komputer, hanya sedikit melibatkan interaksi sosial antara guru dan siswa. Akibatnya kemampuan mereka untuk bersosialisasi menurun atau terdampak.

Dampak positif dan negatif komputer 

Jika dirangkum, ada dua dampak positif dan negatif dari penemuan komputer dalam bidang pendidikan, yakni:

  • Dampak positif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan

Beberapa dampak positif ditemukannya komputer untuk bidang pendidikan adalah:

  1. Memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran Guru bisa dengan mudah membuat materi yang ingin disampaikan. Sedangkan murid dimudahkan untuk belajar dan mengerjakan tugas.
  2. Kemudahan dalam proses belajar mengajar Tidak hanya membantu proses belajar, adanya komputer juga memudahkan pencarian informasi, penyusunan jadwal pelajaran, pembuatan daftar nilai, absensi, dan lain sebagainya.
  • Dampak negatif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan

Sedangkan dampak negatif adanya komputer dalam dalam bidang pendidikan yaitu:

  1. Membuat kemampuan bersosialisasi menurun Penemuan komputer dalam bidang pendidikan dapat menurunkan kemampuan bersosialisasi antara guru dan siswa. Hal ini bisa disebabkan oleh pemberian materi lewat komputer, serta pengerjaan dan pengumpulan tugas lewat internet.
  2. Kecanduan bermain komputer Selain menurunkan kemampuan bersosialisasi, penemuan komputer dalam bidang pendidikan juga menyebabkan kecanduan. Oleh karena selalu berhadapan dengan komputer, siswa dan guru menjadi selalu tergantung dan mengadalkan komputer dalam proses belajar mengajar. (AR)

Sumber : Kompas.com

 

   Send article as PDF