Dampak Positif Globalisasi di Berbagai Bidang

(Nusantara7.id)- Istilah globalisasi merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu globalization. Berasal dari kata globe yang berarti bumi dan ization yang berarti proses. Dari segi etimologis, globalisasi dapat diartikan sebagai proses yang mendunia. Globalisasi merujuk pada sebuah proses tumbuhnya kesadaran global bahwa dunia adalah sebuah lingkungan yang terbangun sebagai satu kesatuan yang utuh. Globalisasi memunculkan proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak lagi mengenal batas wilayah. Sehingga suatu negara tidak dapat mengisolasi diri dari pergaulan budaya luar. Globalisasi memberikan dampak yang besar bagi tatanan kehidupan manusia, baik dampak positif maupun negatif. Berikut dampak positif globalisasi di berbagai bidang: Bidang Ekonomi Aspek positif globalisasi dalam bidang ekonomi merupakan faktor dominan dalam menjelaskan pengaruh globalisasi di setiap negara di dunia. Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi adalah: Penanaman modal asing, baik langsung maupun melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lokal. Contohnya adalah perusahaan dari Amerika Serikat, Jepang, dan negara lain yang menanamkan modalnya di Indonesia. Masuknya modal dari perusahaan asing telah membuka lapangan kerja baru. Pembukaan pabrik di beberapa kota di Indonesia yang modalnya berasal dari luar negeri telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di sekitar pabrik. Pemasukan pajak ke kas negara dari usaha investasi asing di suatu negara. Aliran modal asing dalam bentuk dolar telah membantu negara dalam penyediaan dolar untuk kegiatan ekspor impor perusahaan lokal. Aliran modal asing juga membantu pemerintah menutup atau memperkecil defisit neraca pembayaran.

Bidang Sosial dan Budaya Dampak positif dalam bidang sosial dan budaya yang timbul dari adanya globalisasi adalah: Penyebaran nilai-nilai positif dari budaya asing atau percampuran budaya asing yang saling menguntungkan. Contohnya adalah model pakaian yang berkembang saat ini. Hal positif yang dapat diambil adalah perkembangan fashion menambah ragam akulturasi budaya antara pakaian modern dan tradisional. Penyebaran manusia atau imigrasi dari satu negara ke negara lain. Hal ini membentuk interaksi dan asimilasi berbagai macam kebudayaan dari kedua negara tersebut. Perkembangan ini telah menjadikan manusia semakin maju dalam berpikir, bertindak, dan berperilaku. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dampak positif globalisasi yang menjadi dasar penyebaran globalisasi di hampir seluruh negara di dunia adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikut dampak positif globalisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek: Berbagai macam penemuan. Penemuan alat seperti mesin uap, internet, telepon genggam, dan lain-lain telah membuka kesadaran manusia akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyejahterakan dan mendekatkan masyarakat di dunia. Kemajuan teknologi transportasi. Moda transportasi khususnya pesawat terbang dan alat komunikasi telah memudahkan mobilitas manusia dalam melakukan perjalanan dan komunikasi di seluruh dunia.

Bidang Pertahanan dan Keamanan Dampak positif globalisasi dalam bidang pertahanan dan keamanan menjawab isu-isu yang berkaitan dengan aksi terorisme, radikalisme, dan separatisme. Berikut dampak positif globalisasi di bidang pertahanan dan keamanan: Menguatnya peran Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB dalam percaturan politik dunia sebagai penjaga keamanan internasional. Pertukaran berbagai macam peralatan dan latihan militer telah membuat perkembangan dan kemajuan militer suatu negara semakin baik. Meningkatnya berbagai macam senjata perang mulai dari yang sederhana sampai ke senjata yang paling modern.(AGP/PT)

source : https://nasional.kompas.com/

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

 

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF