Fungsi Rum untuk Bikin Kue, Bikin Aromanya Lebih Kuat

(NS7) – Rhum atau rum adalah alkohol yang terbuat dari tetes tebu atau molase. Rum banyak digunakan dalam pembuatan kue dan minuman.  Beberapa hidangan yang umumnya memakai rum adalah black forest, tiramisu, sus isi vla, maupun puding.  Sebetulnya, apa fungsi rum dalam pembuatan kue? Untuk mengetahui jawabannya, simak dalam ulasan berikut.

1. Memperkuat rasa

Berdasarkan ujian coba yang dijelaskan dalam laman Serious Eats, penambahan rum dapat membuat kue lebih enak.  Dijelaskan bahwa kue yang memakai rum, rasanya lebih kompleks.

Beberapa sumber lainnya menyebut bahwa rum dapat memperkuat rasa kue itu sendiri. Misalnya, jika dipakai pada resep tiramisu, maka rasa kopi khas tiramisu menjadi lebih kuat.

2. Menjaga ketahanan kue

Menurut The Spurce Eats, penggunaan rum maupun alkohol lainnya dapat membuat kue lebih tahan lama. Namun ketahanannya tergantung dari jenis maupun merek rum yang digunakan.

3. Menambah aroma

Dalam laman The Spruce Eats juga dijelaskan bahwa penggunaan rum dapat membuat aroma kue lebih mantap. Khususnya pada resep kue yang dibakar.  Menambahkan dari laman Kitchen Expert, penting untuk membuat rongga-rongga pada adonan kue agar aroma rum semakin kuat. Di samping itu perhatikan pula suhu dan waktu pemanggangan. Sebab hal tersebut dapat memengaruhi aroma dan rasa kue. (AGP/GS)

Source : https://www.kompas.com/

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF