Gubernur Bali Wayan Koster mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2022

Gubernur Bali Wayan Koster mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2022 di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Senin (Soma Pon Matal) 15 Agustus 2022.
Upacara pengukuhan diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Gubernur Koster yang bertindak selaku pembina upacara. Berikutnya, laporan pemimpin upacara yang disusul mengheningkan cipta dan pembacaan kata pengantar pengukuhan calon Paskibraka lanjut pengucapan ikrar Dharma Mulia Putra Indonesia. Suasana pengukuhan terasa makin khidmat saat prosesi mencium Sang Merah Putih oleh pemimpin upacara Sangging Juni Artawan, duta Kabupaten Bangli. Lagu ‘Bagimu Negeri’ berkumandang saat prosesi mencium Sang Merah Putih yang dilanjutkan dengan pengukuhan oleh Gubernur Koster.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan lencana kehormatan dan kendit oleh Gubernur Koster kepada perwakilan Paskibraka Bali. Upacara pengukuhan ditutup dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti pemberian ucapan selamat kepada Paskibraka Bali 2022 oleh Gubernur Koster dan jajaran Forkopimda yang hadir. Upacara pengukuhan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.Pembina Paskibraka Provinsi Bali I Wayan Darma Sasmara S.Sos menyampaikan, tahun ini Paskibraka yang dikukuhkan belum lengkap karena hanya terdiri dari pasukan 17 dan 8. Hal ini menyesuaikan dengan anggaran yang saat dirancang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kendati jumlahnya belum komplit, namun tetap patut disyukuri karena Paskibraka tahun ini lebih lengkap dari dua tahun sebelumnya. Dimana, pada tahun 2020 tak ada pemilihan Paskibraka dan saat itu pengibaran bendera dilaksanakan oleh Purna Paskibraka. Sedangkan pada tahun 2021, pasukan pengibar bendera hanya berjumlah 10 orang.

Wayan Darma menambahkan, Paskibraka Provinsi Bali tahun ini direkrut tiap Kabupaten/Kota. Masing-masing Kabupaten/Kota mengirim 8 orang perwakilan yang selanjutnya melewati proses seleksi hingga ditetapkan 25 orang calon Paskibraka Bali Tahun 2022. Selain itu, tim provinsi juga menyeleksi Duta Bali untuk bergabung dalam Paskibraka Nasional. Dua orang yang terpilih yaitu I Kadek Kemala Permana Putra dari SMAN 2 Amlapura dan Ni Ketut Pande Suastini dari SMKN 1 Manggis. Keduanya telah mengikuti pemusatan pelatihan di Jakarta sejak 15 Juli 2022 lalu.

Sementara 25 siswa yang tergabung dalam calon Paskibraka Bali 2022 mengikuti pemusatan pelatihan di Hotel Ganandra Denpasar sejak 5 Agustus 2022 lalu. Setelah prosesi pengukuhan, 25 putra putri terbaik duta Kabupaten/Kota se-Bali ini resmi menyandang gelar sebagai Paskibraka Bali Tahun 2022 yang akan melaksanakan tugas pada prosesi pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus 2022 mendatang.

Untuk prosesi pengibaran dan penurunan bendera telah ditetapkan dua orang pembawa baki yaitu I Gusti Ayu Agung Rai Arnila(SMAN 2 Negara) dan I Gusti Agung Radha Paramitha (SMAN 1 Denpasar). Sedangkan mereka yang terpilih sebagai pengerek bendera adalah I Komang Putera Yasa (SMAN 2 Manggis), I Made Mahadi Putra Sarjana (SMAN 1 Kuta Utara), I Komang Agus Krisna Nanta(Saraswati), I Made Ananta Nadha SMAN 9 Denpasar) I Gede Bagus Saka Sinatrya (SMAN 1 Denpasar) dan I Made Ananda Dwi Pranata (SMAN 1 Payangan Gianyar).

(AGP/SWP)

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF