Harus Tahu! Ini 5 Manfaat Buah Sukun: Bantu Turunkan Berat Badan hingga Jaga Kesehatan Jantung

Nusantara7.id – Sukun atau Artocarpus Altilis merupakan salah satu species anggota famili Moraceae yang telah lama dimanfaatkan oleh berbagai masyarakat lokal di Indonesia.

Sukun juga memiliki banyak nama lokal tergantung daerah persebarannya. Namun, karena kurang populer dan dianggap sangat lokal, mungkin banyak masyarakat kekinian kurang memahami segudang manfaat dari sukun ini.

Ya, siapa sangka tanaman yang banyak tumbuh di perdesaan ini cukup multifungsi karena digunakan sebagai obat tradisional dan sumber bahan pangan alternatif, terutama buahnya.

Buah sukun menjadi salah satu sumber pangan dengan kandungan utama berupa karbohidrat. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah ini, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, air, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor.

Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lainnya, seperti dalah vitamin B, vitamin C, beta karoten, riboflavin, dan niasin.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat buah sukun untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu menurunkan berat badan

Sukun terbukti meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori ekstra. Serat dalam jumlah besar dapat mendukung kelancaran metabolisme.

Nah, tubuh dengan metabolisme yang baik dapat terhindar dari risiko obesitas dan penambahan berat badan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sukun dikenal sebagai makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung cukup vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Sukun sangat kaya serat. Oleh karena itu, buah ini penting karena mampu melawan semua senyawa yang dapat merusak usus, sekaligus meningkatkan kesehatan metabolisme.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sukun dapat menunjang kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah sukun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

4. Bantu kontrol diabetes

Khasiat buah sukun selanjutnya adalah membantu mengontrol diabetes. Sukun yang menagndung banyak serat dapat menghambat penyerapan kelebihan asupan glukosa dan karbohidrat.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Buah berkulit hijau ini juga kaya akan karotenoid. Karotenoid merupakan prekursor vitamin A. Artinya, karotenoid dapat berubah menjadi vitamin A, di mana dapat melindungi sel-sel pada mata. Sehingga dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan salah satu penyebab terjadinya kebutaan. (AGP/YD)
Source : radarsolo.jawapos.com

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF