Ingin Coba Sinyal 5G Indosat? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Denpasar, NS7 – Satu lagi operator seluler di Indonesia yang resmi menggelar jaringan 5G secara komersil. Setelah Telkomsel, kali ini giliran Indosat Ooredoo yang meluncurkan jaringan internet generasi kelima.

Semua pelanggan Indosat Ooredoo, baik prabayar maupun pascabayar bisa menikmati layanan 5G, asalkan memenuhi syarat. Adapun syarat menggunakan 5G Indosat Ooredoo adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan USIM

Syarat menggunakan 5G Indosat Ooredoo yang pertama adalah pegguna Indosat Ooredoo harus menggunakan kartu USIM yang sudah digunakan untuk jaringan 4G. Artinya, jika kartu Anda sudah bisa menangkap jaringan 4G, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM.

  1. Perangkat yang mendukung band n3

Syarat menggunakan 5G Indosat Ooredoo berikutnya adalah perangkat harus mendukung pita (band) n3 yang berjalan di pita frekuensi 1.800 MHz (1,8 GHz). Pita frekuensi tersebut adalah yang digunakan Indosat Ooredoo untuk menggelar layanan 5G. Selain dukungan band n3, perangkat juga harus mendukung software dan firmware yang bisa digunakan untuk mengakses 5G. Sehingga, perangkat harus dibuka (unlock) lebih dulu untuk bisa menjalankan layanan 5G.

  1. Wilayah terjangkau sinyal 5G Indosat

Berada di wilayah yang terjangkau jaringan 5G Indosat menjadi syarat menggunakan 5G Indosat Ooredoo yang ketiga. Perlu diingat peluncuran 5G masih dalam tahap awal, sehingga, belum semua kota terjangkau oleh layanan 5G Indosat Ooredoo. Adapun area yang mendapat jangkauan sinyal 5G Indosat Ooredoo adalah sebagai berikut:

  • Jakarta: Area Monas
  • Solo:Area Inner City
  • Surabaya:Area Genteng
  • Balikpapan:Area Gunung Bahagia
  • Makassar:Area Pettarani
  1. Memilih paket

Setelah memenuhi syarat menggunakan 5G Indosat Ooredoo di atas, pengguna bisa berlangganan paket internet Indosat yang mendukung layanan 5G. Menurut Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning, pelanggan Indosat yang ingin mencicipi kecepatan 5G ini dapat menggunakan paket yang sudah ada, yakni Freedom Internet untuk prabayar dan Prime untuk pascabayar. Selama ini, harga paket Freedom Internet Indosat berada di kisaran angka Rp 70.000 hingga Rp 150.000. Kendati demikian, harga paket yang sudah mendukung 5G akan berkisar di angka Rp 100.000. “Nantinya kami juga bermaksud mengeluarkan starter pack yang dilengkapi dengan akses ke 5G, dengan pilihan data 8 GB dan 16 GB untuk mengakses 5G untuk pelanggan awal,” ujar Shatya dalam acara peluncuran layanan 5G Indosat, Selasa (22/6/2021).

Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Yudha Pratomo
Sumber : Kompas.com
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.