Jarang Dipilih, Jurusan Teknik Elektro Justru Punya Peluang Kerja Besar

(NS7) – Jurusan Teknik Elektro sangat jarang ditemukan dalam daftar jurusan perguruan tinggi favorit para calon mahasiswa saat ini. Padahal, sebenarnya lulusan Jurusan Teknik Elektro masih banyak dicari perusahaan.

Untuk diketahui, Teknik Elektro adalah bidang ilmu yang mempelajari listrik beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Elektro akan membahas konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik serta elektronik.

Tak hanya itu, Jurusan Teknik Elektro juga mengajarkan mahasiswa tentang metode pembangkit listrik dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

Alasan memilih Jurusan Teknik Elektro

Kebutuhan ahli teknik elektro di dunia kerja masih tergolong tinggi. Sebab, seseorang dengan kualifikasi pendidikan teknik elektro dibutuhkan pada hampir semua lini industri.

Mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, sampai bio engineering.

Umumnya, lulusan Jurusan Teknik Elektro banyak dibutuhkan perusahaan untuk menangani berbagai persoalan listrik dan sistem peralatan elektronik, termasuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Coba perhatikan, perusahaan mana yang saat ini tidak membutuhkan listrik? Tentu semua kegiatan operasional perusahaan membutuhkan listrik, bukan?

Selain menjadi pekerja yang menangani masalah listrik di perusahaan, lulusan teknik elektro juga bisa menjadi peneliti yang melakukan eksperimen di laboratorium.

Salah satu kegiatan peneliti di laboratorium adalah melakukan serangkaian tes terhadap desain baru dari suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Industri bidang minyak dan gas akan sangat membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai bidang tersebut.

Seperti diketahui, gaji karyawan yang bekerja di bidang minyak dan gas masih tinggi. Inilah yang menjadi daya tarik Jurusan Teknik Elektro.

Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Elektro sebenarnya cukup luas, seperti menjadi robot engineer, pencipta alat-alat internet of things (IoT), perancang dan teknisi mesin, teknisi dan operator pabrik, ahli robotik, teknisi listrik atau electrical engineerresearch and development (RnD), quality assurance and quality control (QA and QC), system analyst, bahkan dosen.

Materi yang dipelajari selama kuliah di Jurusan Teknik Elektro

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro akan akan belajar tentang aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnetik.

Secara umum, terdapat tiga bidang yang menjadi fokus atau konsentrasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi.

Selain ketiga bidang utama tersebut, mahasiswa teknik elektro juga bisa memilih konsentrasi teknik sistem kendali, teknik instrumentasi, dan lainnya.

Adapun mata kuliah yang dapat dipelajari selama mengenyam pendidikan tinggi bidang teknik elektro antara lain Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, Sistem Kontrol, Sistem Telekomunikasi, Teknik Digital, dan Bahan-bahan Listrik.

Selanjutnya, terdapat pula mata kuliah Pengukuran Beban Listrik, Konversi Energi, Pengolahan Sinyal Digital, Elektronika Daya, Medan Listrik, dan sebagainya.

Jika berniat melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, mahasiswa dapat memilih bidang kajian yang lebih spesifik.

Biasanya, pilihan fokus kajian akan disesuaikan dengan kampus masing-masing. Karena satu kampus dengan yang lainnya kemungkinan memiliki fokus kajian berbeda.

Salah satu kampus yang menyediakan Jurusan Teknik Elektro adalah Universitas Bina Sarana Informatika (BSI).

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang teknik elektro, dapat memilih Program Studi (Prodi) Teknik Elektro strata satu (S1) di Fakultas Teknik Universitas BSI.

Saat ini pendaftaran mahasiswa baru di Universitas BSI tidak lagi mengharuskan calon mahasiswa pergi ke kampus untuk mengurus berkas.

Pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan dari rumah secara online melalui aplikasi PMB UBSI yang tersedia di PlayStore.(AGP/GS)

Source : https://www.kompas.com/

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF