‘Kemajuan Teknologi Jangan Sampai Hilangkan Nilai Luhur Bangsa’

(Nusantara7.id) – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut kemajuan IPTEK saat ini tak bisa dicegah kehadirannya. Namun penerapannya tetap harus diiringi oleh nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Menurutnya, bangsa yang menguasai IPTEK adalah bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa lain, dan bakal ada di garis depan dalam kemajuan ekonomi, politik, budaya, dan relasi antarnegara.

“Terbukti bangsa dan semua negara yang menguasai IPTEK, mereka berada di garis depan di dalam kemajuan ekonomi, politik, budaya, serta relasi antarnegara,” ujar Haedar saat berbicara di rapat kerja dan dialog nasional Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Meski begitu, ia menyebut kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan ini harus diimbangi dan sejalan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Jika tidak, menurutnya, bukan tak mungkin identitas bangsa Indonesia akan luntur. Jangan sampai berilmu teknologi tinggi tetapi moral dan tindakannya bertentangan dengan nilai Pancasila.

“Apalah artinya kemajuan IPTEK dalam sebuah bangsa dan negara, jika nilai luhur, etik, moral, sosial dan budaya luruh serta mengalami erosi. Apalagi sampai menjadi insan-insan berilmu teknologi tinggi tetapi amoral bertentangan dengan nilai kehidupan. Maka yang terjadi adalah manusia robotik yang kehilangan rasa kemanusiaan,” pungkasnya.

Haedar juga mengharapkan KAUMY bisa melahirkan inovasi di era disrupsi teknologi dan menjadi katalisator penguasaan IPTEK.

“KAUMY sebagai organisasi alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tentu memiliki komitmen sebagaimana komitmen perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyah serta komitmen Muhammadiyah sendiri yakni menghadirkan peran-peran untuk keumatan, kebangsaan, dan kemanusian yang membawa kepada kecerdasan dan kemajuan kehidupan peradaban,” tutur Haedar.(AGP/GK)

 

source : https://www.detik.com

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF