Kemenparekraf Gandeng Platform Pemesanan Tiket Perjalanan Online, Ini Tujuannya

(Nusantara7.id) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan perusahaan platform pemesanan tiket perjalanan online, Agoda.

Kerja sama tersebut dilakukan sebagai upaya memperkuat promosi pariwisata Indonesia di pasar domestik dan internasional.

Kerja sama juga mencakup upaya penguatan kampanye pariwisata berkelanjutan sehingga dapat mendukung percepatan dan pertumbuhan sektor parekraf pasca pandemi.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf atau Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan CEO Agoda John Brown.

Teken kerja sama itu dilakukan secara virtual dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan ekonomi global.

Menurutnya, pandemi telah mengubah pola pandang dalam membuat perencanaan dan eksekusi program di tengah situasi yang sangat dinamis (volatility), penuh ketidakpastian (uncertainty), kompleksitas (complexity), dan ambiguitas (ambiguity).

“Karenanya kami mengadopsi strategi adaptasi, inovasi, dan kolaborasi sebagai upaya untuk bertahan, mampu bangkit kembali dan berkembang, serta merebut peluang yang ada seiring diberikannya relaksasi mobilitas masyarakat dalam perjalanan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya usai menyaksikan penandatanganan MoU, Kamis 12 Mei 2022, dikutip dari kemenparekraf.go.id.

Kerja sama dengan Agoda ini, dikatakan Menparekraf Sandiaga, sebagai salah satu implementasi dari strategi tersebut.

Kerja sama ini nantinya akan fokus pada upaya promosi pariwisata Indonesia, baik di pasar domestik, pasar internasional, serta penguatan kampanye pariwisata berkelanjutan.

Hal itu termasuk juga pertukaran data dan informasi untuk mendukung perumusan dan implementasi strategi pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia untuk lebih mengembangkan peta jalan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Kolaborasi dengan Agoda kami harapkan dapat meningkatkan kesadaran akan strategi kami dalam kerangka Wonderful Indonesia dan kampanye Welcome Back to Indonesia. Kita juga tidak hanya akan fokus di pasar Bali tapi juga destinasi lain termasuk lima destinasi super prioritas yang merupakan beyond Bali,” kata Sandiaga.

Lebih lanjut Sandiaga berharap, kerja sama ini juga dapat memaksimalkan website Indonesia Travel untuk juga dapat menyediakan servis akomodasi, termasuk desa wisata dan homestay.

“Saya berharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini dapat semakin memperkuat dukungan terhadap pemulihan dan pertumbuhan parekraf, menciptakan lebih banyak kesempatan dan lapangan kerja yang lebih kompetitif, unggul, tangguh, dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

Hal senada dikatakan Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani yang optimistis kerja sama ini dapat meningkatkan kesadaran wisatawan dunia akan keragaman dan keindahan Indonesia.

“Kemenparekraf berusaha semaksimal mungkin meningkatkan ekonomi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif kembali ke era sebelum pandemi,” kata Giri.(AGP/DN)

source : https://floresterkini.pikiran-rakyat.com/

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF