KPAI Apresiasi Bisa Dimulainya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengapresiasi dimulainya vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak.

Adapun sebelumnya diberitakan bahwa vaksin Sinovac sudah diperbolehkan untuk digunakan anak dari 12-17 tahun.

“Upaya negara menyediaksn vaksin untuk anak menjadi wujud dari upaya optimal negara dalam memenuhi hak kesehatan yang termaktub dalam Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” kata Komisioner KPAI Jasra Putra melalui keterangan tertulisnya, Selasa (29/6/2021).

“Pasal 44 yang bunyinya pemerintah dan pemerintah paerah wajib menyediakan fasilitas dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang komprehensif bagi anak agar setiap anak memperoleh derajat kesehatan yang optimal sejak dalam kandungan,” lanjut dia.

Jasra mengatakan, tingkat penularan anak yang data ada di rentang 1,2 persen sampai 1,7 persen.

Sementara, data yang diungkap Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada 12,7 persen penularan covid anak, di antara delapan orang tertular, dipastikan satu adalah anak.

“Kita bersyukur, kekhawatiran ini menyebabkan berbagai pihak bekerja sama dalam mengantisipasinya,” ujarnya.

Jasra juga meminta orang tua tidak khawatir dengan proses vaksinasi Covid-19, sebab, kata dia, para petugas kesehatan sudah terbiasa melakukan vaksinasi.

Ia menambahkan, proses vaksinasi ini juga akan memperkuat upaya target kekebalan komunitas atau herd immunity di sekolah dalam mendorong pembelajaran tatap muka (PTM).

“Begitu juga bersamaan dengan vaksin anak. Lebih meningkatkan target WHO dalam rangka testing, tracing dan treatment pada anak. Sehingga hak kesehatan dan kepentingan terbaik anak dapat dipenuhi,” ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyambut baik terbitnya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun yang diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dengan langkah tersebut, program vaksinasi Covid-19 di Indonesia diharapkan dapat dipercepat.

“Kita juga bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12 sampai 17 tahun, sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/6/2021).

Sebagaimana yang telah berulang kali disampaikan, Presiden menargetkan vaksinasi Covid-19 mampu mencapai angka 1 juta suntikan per hari mulai Juli 2021.

Ia pun mengapresiasi tingginya angka vaksinasi pada Sabtu (26/6/2021) kemarin yang mencapai 1,3 juta suntikan. Angka tersebut, kata Jokowi, lebih cepat dari target yang sudah ditetapkan.

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2021/06/29/10433911/kpai-apresiasi-bisa-dimulainya-vaksinasi-covid-19-untuk-anak?page=all#page2.
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.