Mulai Kejar SpaceX, Geely Luncurkan 9 Satelit untuk Mobil Otonom

(Nusantara7.id) – Perusahaan swasta di sektor otomotif terbesar di China, Zhejiang Geely Holding Group, mengatakan pada Kamis (2/6), telah meluncurkan sembilan satelit untuk membantu navigasi sistem otomatisasi (autonomous) atau otonom.
Satelit-satelit itu, yang dinamakan GeeSAT-1, dirancang dan diproduksi Geespace, anak perusahaan Zhejiang Geely Holding Group. Semuanya dikirim ke orbit rendah Bumi dari Xichang Satellite Launch Center di provinsi Sichuan.

Satelit-satelit itu telah dikonfirmasi berfungsi. Ini merupakan peluncuran perdana Geely yang sukses dilakukan.

GeeSAT-1 menyediakan data lokasi yang akurasinya sampai ke tingkat sentimeter buat mengarahkan kendaraan otomatisasi. Geely bilang teknologi ini juga bisa dipakai untuk industri lain seperti logistik dan drone.

Satelit itu akan bekerja selama lima tahun dan diklaim akan menghancurkan diri di atmosfer Bumi tanpa meninggalkan debu angkasa.

Geely berencana meluncurkan 72 satelit ke orbit pada 2025, itu berarti masih ada 63 satelit lagi yang akan mengangkasa. Setelah semua satelit aktif, layanan bakal dimulai pada 2026 untuk kawasan China dan Asia-Pasifik.

Strategi Geely main satelit ini sudah diumumkan pada 2020, mereka menargetkan SpaceX milik Elon Musk, yang sudah jauh unggul di bidang ini dengan 2.000 satelit.

Geely mulai mendirikan fasilitas di timur kota Taizhou pada tahun lalu yang dapat menghasilkan 500 satelit per tahun. Pada Desember lalu Geely sempat meluncurkan satelit di Jiuquan Satellite Launch Center namun gagal. (AGP/GS)

Source : https://www.cnnindonesia.com/

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF