Nama Android 14 Bocor, Kembali ke Tradisi ‘Dessert’

(NS7) – Saat Android 13 belum resmi dirilis, nama untuk Android 14 yang baru akan rilis 2023 sudah bocor di internet.
Dikutip dari Tech Radar, Google memiliki tradisi untuk memberikan nama makanan penutup alias dessert untuk sistem Android-nya. Terakhir, Google menamakan Android 13 dengan Tiramisu sebagai kode internal.

Kini, Google disebut bakal memberikan Android 14 dengan nama hidangan penutup Upside Down Cake alias Android U. Pemberian nama tersebut dianggap cukup mengejutkan karena nama makanan tersebut tidak sefamiliar sebelumnya yang diawali dengan huruf U.

Meski begitu, dilansir News 18, Google telah dipastikan memilih nama terbaik yang tersedia.

Sejauh ini, belum ada info detail terkait Android 14. Namun, bocornya nama menandakan bahwa pengerjaan terhadap perangkat lunak itu sudah digarap Google.

Android 14 disebut kemungkinan akan mengambil jejak dari Android 13 dengan menawarkan fokus yang kuat pada privasi dan juga membawa perubahan lain untuk membantu Android menjadi lebih andal di media lain, terutama tablet.

Sebelumnya, nama Android 13 sudah diketahui sejak 2021 dengan kode internal T untuk Tiramisu, yang juga merupakan hidangan penutup. Meski begitu, Google baru akan memperbaharui sistem Android 12 dengan Android 13 tahun ini.

Google memang mengakhiri konsep penamaan Android dengan hidangan penutup. Selama bertahun-tahun, publik meminta Google untuk mengubah strateginya, dan memulai kembali skema penamaan unik untuk sistem Android-nya itu.

Sebelum detail Android 14 keluar, Android 13 bakal lebih dulu dirilis Google. Sistem operasi saat ini berada pada tahap pratinjau awal pengembang yang harus diikuti oleh beta publik yang dapat melibatkan konsumen sebelum diluncurkan dengan handset yang kompatibel.

Google sendiri baru merilis Android 12 pada Oktober 2021. Butuh sekitar satu tahun buat Google memberikan pembaruan sekaligus pengganti untuk sistem Androidnya.

Seperti biasa, ponsel Pixel, termasuk Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan berada di urutan pertama yang sistem Android 13. Selain itu ada peningkatan kontrol atas notifikasi serta peningkatan untuk Android 13 di TV.

Android 13 akan memperkenalkan penyesuaian kecil pada opsi penyesuaian telepon dan dukungan untuk eSIM, tetapi ini hampir tidak akan merevolusi cara Anda menggunakan telepon.(AGP/GK)

source : https://www.cnnindonesia.com/

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF