Ny. Putri Koster Kunjungi Acara Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi” di Kabupaten Gianyar

(Nusantara7.id) – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster bersinergi dengan Ketua TP PKK Kabupaten / kota se Bali kembali menggelar aksi sosial bertajuk Pasar Rakyat dengan tema “Berbelanja dan Berbagi“. Aksi sosial yang rutin digelar secara bergilir di setiap bulannya di seluruh Kabupaten / kota se-Bali ini, kali ini dilaksanakan di Areal Krisna Oleh-Oleh Bali, Jalan Raya Blangsinga, Desa Saba , Kecamatan Blahbatuh , Gianyar , Jumat (14/4)

Dalam sambutannya , Ny. Putri Koster menyampaikan bahwasannya aksi sosial PKK “Pasar Rakyat” yang diinisiasi sejak masa pandemi Covid 19, hingga saat ini pelaksanaanya terus dilakukan secara bergilir di seluruh Kabupaten / kota se Bali . Aksi sosial yang dilaksanakan setiap bulannya ini merupakan salah satu bentuk wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kabupaten / kota se Bali . Dalam kegiatan ini tidak hanya TP PKK Provinsi yang berbelanja dan berbagi dengan masyarakat tetapi juga TP PKK kabupaten / kota turut berbelanja lalu hasil belanjaan kembali dibagikan kepada masyarakat setempat. Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi seluruh anggota PKK untuk bertatap muka dengan masyarakat serta dengan para pelaku UMKM.

Wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan dari seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/kota dengan jajaran anggotanya atas sinergitas dan koordinasi yang telah dilakukan dalam melaksanakan program aksi Berbelanja dan Berbagi. Kegiatan ini selain untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat juga sebagai ajang silaturahmi para TP PKK Kabupaten/Kota seluruh Bali, karena seperti diketahui bahwa TP PKK bisa berkumpul jika ada acara-acara resmi seperti peringatan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK. Sehingga menurutnya acara seperti ini bisa menjadi ajang berkumpul serta bertukar informasi dan program antar TP PKK. Ditambah lagi melalui acara ini, TP PKK Kabupaten/Kota juga bisa mengetahui potensi-potensi seni kerajinan dan bahan pangan di wilayah tempat Pasar Rakyat diadakan.

Pada bagian lain, pada kesempatan baik ini, Bunda Putri juga sekaligus melakukan sosialisasi terkait Tatanan Baru Penataan Pura Agung Besakih serangkaian pelaksanaan Karya Ida Betara Turun Kabeh (IBTK). Bunda Putri meminta baik masyarakat maupun Ketua TP PKK Kabupaten kota beserta jajarannya agar terus melaksanakan sosialisasi terkait tatanan baru di Pura Agung Besakih. Pelemahan Pura Agung Besakih telah ditata sedemikian rupa agar para pemedek merasa nyaman ketika melakukan persembahyangan. Untuk itu, Bunda Putri meminta kepada para pemedek agar mematuhi aturan yang ada , seperti memarkir kendaraan di tempat parkir yang disediakan, tidak membuang sampah di areal pura dan sekitarnya serta tidak membawa sarana berbahan plastik.
Disamping itu kita harus merubah pola pikir dan kebiasaan kita, sehabis sembahyang sisa canang maupun bunga dibawa pulang sampahnya ke rumah masing masing, jangan meninggalkan sampah kita di Pura karena Pura adalah tempat yang kita sucikan. Demikian halnya sehabis makan atau minum, agar sisa makanan atau minuman tidak dibuang sembarangan ke taman atau diletakkan di pojok pojok bangunan. “Kebiasaan kebiasaan lama yang meninggalkan sampah di pura kita tinggalkan, jangan membuang ataupun menyisakan sampah di pura. Kita jaga bersama kebersihan dan kesucian pura dan sekitarnya. PKK saya harapkan lakukan sosialisasi terus di masyarakat agar tatanan baru ini bisa menjadi sebuah kebiasaan,” imbuhnya .

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Pasar Rakyat yang untuk kedua kalinya di Kabupaten Gianyar. Ny. Dayu Surya Mahayastra menyampaikan bahwa Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi” merupakan ide luar biasa yang dicetuskan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster, dimana tidak saja membantu para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar juga para pengurus dan anggota TP PKK bisa berkunjung ke seluruh Kabupaten/Kota se-Bali dan berbelanja lalu berbagi dengan masyarakat setempat.

Pasar Rakyat “Berbelanja dan Berbagi” pada pagi hari ini diserahkan bantuan kepada 100 orang penerima dimana masing masing penerima mendapatkan 3 tas belanjaan, dimana tas pertama bantuan dari Ketua TP PKK Provinsi Bali yang berisikan beras, telur dan minyak goreng, tas kedua dari para pengurus TP PKK Provinsi Bali berupa sayur mayur dan lauk pauk dan selanjutnya tas ketiga yang merupakan bantuan dari para pengurus TP PKK kabupaten/ kota se Bali dan dari Paiketan Krama Istri ( PAKIS) MDA Provinsi Bali berupa produk hasil pertanian dan sembako hasil dari masyarakat Gianyar. Sehingga secara keseluruhan total belanjaan yang dibagikan berjumlah 300 tas dimana masing masing penerima mendapatkan 3 buah tas.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten/ kota se-Bali, Asisten Administrasi Umum Setda Gianyar, Kepala OPD terkait di Lingkungan Provinsi Bali Pemkab Gianyar, Manggala Utama PAKIS MDA Provinsi Bali serta organisasi wanita juga diisi dengan stand yang bervariatif, mulai dari stand bahan pangan, produk UMKM, kerajinan, tanaman anggrek dan stand makanan yang bervariasi. (AGP/AR)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF