Pantai Suluban Bali, Destinasi Wisata Unik nan Eksotis

Denpasar, (NS7) – Satu lagi pantai yang unik dan eksotis di Bali yakni Pantai Suluban. Pantai Suluban Bali adalah pantai dengan tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar sehingga sangat cocok bagi penghobi olah raga selancar air. Tak heran jika Anda liburan ke Pantai Suluban ini, Anda akan lebih banyak melihat bule asing dari pada wisatawan domestik.

Pantai Suluban juga memiliki nama lain yakni Pantai Blue Point. Nama Pantai Blue Point disematkan oleh wisatawan asing karena untuk mengingat lokasi pantai yang terdapat sebuah hotel yang terletak di atas bukit yaitu Hotel Blue Point. Dan nama Blue Point pun dikenal luas, terlebih karena mayoritas pengunjung pantai ini notabene adalah para bule.

Jika berkunjung ke Pantai Suluban Bali, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk dapat mencapai bibir pantai. Ini dikarenakan pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 200 meter dari areal parkir kendaraan dengan menuruni anak tangga. Setelah melewati anak tangga sekitar 50 meter, para pengunjung juga harus melewati lagi tangga yang lebih sempit dan kecil yang di apit oleh tebing batu karang putih, dan tak jarang Anda harus antre untuk dapat melewati tangga ini.

Begitu sampai di ujung anak tangga yang paling bawah, mata Anda akan disuguhkan pemandangan di dalam gua karang. Jika air laut sedang pasang, maka air laut akan memasuki gua tersebut. Begitu Anda keluar dari celah tebing karang, pemandangan pantai yang indah disertai dengan deburan ombaknya akan menyambut Anda dengan bahagia di Pantai Suluban ini.

Karena untuk mencapai pantai harus melalui lorong kecil di bawah bukit, maka tak heran jika pantai di sini dinamakan Pantai Suluban. Pantai Suluban berasal dari kata “mesulub” yang dalam Bahasa Bali berarti “lewat dalam sesuatu”.

Lokasi Pantai Suluban Bali

Pantai Suluban berlokasi di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Bali dengan perjalanan ditempuh kurang lebih 60 menit dari Denpasar. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk, namun hanya bayar tarif parkir sebesar 5.000 rupiah per kendaraan.

Cara Menuju Pantai Blue Point Bali

Jika berkunjung kesini, dari Bandara Ngurah Rai Anda menuju ke Jimbaran melalui jalan By Pass Bandara Ngurah Rai, setelah sampai di perempatan Jimbaran (KFC Jimbaran) Anda belok ke kanan menuju Jalan Uluwatu. Ikuti saja jalan tersebut hingga melewati kampus UNUD dan Cultur Park (GWK).

Setelah sampai tepat di pertigaan di depan kantor kepala Desa Pecatu, Anda belok ke kanan menuju jalan Labuan Sait. Masih di jalan Labuan Sait, dari sini Anda lurus saja hingga ujung jalan Labuan Sait dan bertemu pertigaan. Jika lurus menuju jalan Mamo, jika belok ke kiri menuju jalan Pantai Padang-Padang.

Kemudian pilihlah jalan menuju Pantai Padang Padang. Sesampai di ujung jalan Pantai Padang-padang, Anda belok ke kanan menuju jalan Pantai Suluban hingga sampai di lokasi pantai Suluban. Di situ, Anda pun sudah bisa secara langsung menyaksikan keindahan pantai ini.