Pengertian IPTEK, Dampak, dan Perannya bagi Ekonomi

(Nusantara7.id) – Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat pesat dari tahun ke tahun. Keberadaan IPTEK tentu memberikan pengaruh di berbagai bidang kehidupan.

IPTEK menjadi salah satu cabang ilmu yang harus dipelajari untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia. Dilansir dari Real Coleigo Complutense Universitas Harvard, pengertian IPTEK adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Dengan IPTEK, manusia bisa berkembang dan beralih dari manusia purba ke modern tentu dengan adanya teknologi yang terus berkembang.

Dampak positif dan negatif IPTEK

Beberapa dampak positif dan negatif IPTEK, yaitu:

Dampak positif IPTEK, antara lain: Dapat terpenuhi kebutuhan manusia artinya bisa mengurangi permasalahan ekonomi yang dihadapi. Dapat membuat segala sesuatu lebih cepat dan mudah Dapat mempermudah untuk memperoleh informasi Menambah wawasan pengetahuan Dampak negatif IPTEK

Beberapa dampak negatif IPTEK, yaitu:  Memengaruhi pola pikir masyarakat yang negatif jika informasi yang diperoleh melalui internet berisi tentang segala hal bersifat negatif. Dapat menyebabkan polusi, semakin banyak masyarakat menggunakan hasil perkembangan IPTEK, misalnya kendaraan bermotor maka pencemaran juga semakin bertambah. Dapat membuat orang semakin malas, sebagai contoh siswa setiap saat hanya memegang HP dan melupakan kewajiban sebagai siswa untuk belajar. Dapat menimbulkan kerusakan, misalnya kerusakan lingkungan alam sebagai akibat semakin banyak limbah industri yang dibuang oleh perusahaan industri, atau pembangunan yang tidak memerhatikan lahan hijau.

Peran IPTEK bagi ekonomi

Terdapat tiga peran IPTEK bagi ekonomi, yakni:

Produksi  Dalam bidang produksi, IPTEK membangu manusia untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan individu yang terus berkembang dan bervariasi. Dengan adanya IPTEK, manusia mampu menciptakan berbagai macam mesin yang mendukung produksi barang untuk kebutuhan manusia. Mesin yang diciptakan mampu memproduksi lebih cepat, lebih banyak, lebih preisi, dan mudah.

Konsumsi  Dengan adanya IPTEK, manusia lebih mudah dalam mendapatkan segala hal. Misalnya, dalam berbelanja kita harus datang ke toko dan melakukan transaksi. Sekarang kita bisa membeli segala kebutuhan menggunakan smartphone dan barang langsung diantar ke rumah.  Selain itu juga penggunaan telekomunikasi. Jika dahulu kita hanya bisa menggunakan telepon rumah atau kabel untuk bertanya kabar, kini kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh di mana saja, bahkan dalam bentuk video call.

Distribusi  Adanya IPTEK membuat kita mudah mengirim barang jarak jauh dalam waktu yang cepat. Perkembangan IPTEK membuat distribusi semakin mudah dan ekonomi semakin meningkat.  IPTEK membuat suatu negara dapat mengembangkan perdagangannya ke luar negeri melalui ekspor komoditas. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara. (AGP/AR)

Sumber: kompas.com

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF