Sebaiknya Tetap Sarapan Meskipun Tidak Lapar, Ini Kata Ahli Diet

(Nusantara7.id)- Wajib dilakukan tiap pagi, tetapi banyak orang tak sarapan karena tidak lapar. Meskipun demikian para ahli menganjurkan untuk tetap sarapan.
Sarapan adalah waktu makan yang paling penting karena banyak mendatangkan manfaat. Bahkan ahli nutrisi menyarankan untuk selalu makan sarapan. Agar kamu tidak terlalu lapar dan kalap makan di siang atau malam harinya.

Meskipun manfaat dari sarapan sudah banyak terlihat, namun tetap saja tidak semua orang sarapan tiap pagi. Dilansir dari huffpost.com (29/03), hampir 70% orang mengatakan bahwa mereka tidak mampu bangun sebelum jam 8 pagi untuk membuat sesuatu untuk dimakan.

Mungkin melewatkan sarapan pagi untuk beberapa hari akan baik-baik saja. Tetapi beda halnya jika dilakukan secara terus menerus. Menurut asisten profesor di Northwestern Health Sciences University, waktu terbaik untuk melakukan sarapan ialah 2 jam setelah bangun tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan pada waktu tersebut akan mendatangkan manfaat lebih. Seperti memberikan energi, mendukung metabolisme, menjaga fungsi kognitif jantung, serta menjaga gula darah agar tetap terkendali.

Namun tetap saja beberapa manfaat ini tergantung pemilihan makanan yang kita konsumsi. Protein seperti daging dan telur, kacang-kacangan, dan buah berserat tinggi adalah menu yang cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Makanan ini dapat membantu mengisi bahan bakar tubuh sehingga energi yang didapat bertahan sepanjang hari. Air putih juga menjadi asupan penting guna menjaga hidrasi tubuh.

Makanan yang diasup pagi hari tidak harus kompleks. Makanan sederhana seperti yogurt dengan buah beri ataupun roti dengan selai kacang juga akan memberikan energi pada tubuh.

Ahli diet Anna Smith mengatakan bahwa diperbolehkan untuk melewatkan sarapan sesekali saja. Tetapi jika itu sering terjadi, maka disarankan untuk memeriksa kebiasaan makan agar kamu mampu mengenali kebutuhan tubuh.

Beberapa kondisi seperti penyakit GERD dan mulas mungkin menjadi alasan melewati sarapan. Solusi terbaik yaitu dengan makan sesuatu yang sedikit dan tinggi serat sehingga dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan kerja enzim metabolisme.

Ada juga orang yang merasakan lapar berlebih ketika bangun padahal semalam sebelumnya telah mengonsumsi makanan. Ternyata makan berlebih di malam hari mempengaruhi isyarat rasa lapar di keesokan harinya.

Untuk itu disarankan untuk beristirahat yang cukup agar mampu membantu mengatur hormon yang memicu keinginan makan. Selain itu memahami kondisi tubuh menjadi kebutuhan mendasar agar dapat mengontrol asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Pada dasarnya sarapan pagi memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Nah, bagi Anda yang masih sering melewatkan waktu sarapan ada baiknya baca 10 manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh berikut ini.

  1. Memberikan Energi Lebih
    Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.
  2. Menyegarkan Otak
    Manfaat sarapan juga baik untuk otak Anda. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak Anda dapat berpikir lebih baik dan cepat.
  3. Menjaga Konsentrasi
    Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.
  4. Mencegah Penyakit Maag
    Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.
  5. Menyehatkan Tubuh
    Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang.
  6. Menghindari Makan Tak Terkontrol
    Sarapan pagi menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan.
  7. Menambah Nutrisi dan Meningkatkan Energi Tubuh
    Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi sepanjang hari secara signifikan dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.
  8. Penurunan Berat Badan Tubuh
    Mengkonsumsi makanan sehat pada saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh, jika Anda sedang dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak
  9. Koordinasi Tubuh Lebih Baik
    Manfaat sarapan pagi bagi tubuh yakni mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Anda yang memiliki masalah pada keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur.
  10. Mengurangi Resiko Stres
    Dalam keadaan perut kosong di pagi hari dengan aktifitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik akan membuat Anda mudah stres. Maka, manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stres tersebut.(AGP/PT)source :https://akcdn.detik.net.id/

    Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
    klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

    #BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF