Sleekflow Dorong Merek Lokal Manfaatkan Social Commerce untuk Dongkrak Penjualan

(Nusantara7.id) – Untuk bertahan di tengah gempuran resesi global, sejumlah startup, raksasa ecommerce, hingga perusahaan teknologi besar terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai langkah utama perusahaan. Tren ini tampaknya masih akan terus berlanjut di sepanjang tahun.

Di samping PHK, beberapa ecommerce juga menaikkan tarif dan mengurangi subsidi untuk biaya kirim, yang berdampak buruk pada merchant mereka yang kecil.

Perusahaan juga merampingkan tim support, sehingga dukungan terhadap para seller menjadi lebih lambat dan tidak memadai untuk memenuhi permintaan terkini.

Industri ecommerce sebenarnya memiliki masa depan cerah, di mana ecommerce Indonesia tumbuh 23,8% pada 2022, dan diperkirakan akan melejit lebih jauh pada compound annual growth rate (CAGR) sebesar 22.0% antara 2021 dan 2025, dengan menyentuh Rp 753.8 trilliun pada 2025.

Selain karena kondisi pemulihan lintas industri yang cepat dari pandemi, sebagian besar pertumbuhan ecommerce didukung oleh naiknya tren social commerce dan penjualan melalui saluran chat (pesan instan)–sangat penting untuk menjadi stimulus yang dibutuhkan industri ini untuk memulai tumbuh lagi.

Banyaknya pelanggan lokal yang cenderung membeli produk dari penjual yang lebih aktif dan responsif di ruang chat, saat ini sejumlah brand (merek) telah menjalankan upaya baru dengan mengoptimalkan saluran pesan (messaging).

Strategi itu merupakan tren penting untuk pasar ecommerce lokal, di mana prospek penjualan melalui ruang chat menjadi salah satu tempat penjualan paling menonjol di Indonesia.

Dengan beberapa cara penjualan yang terus tumbuh, saat ini vendor kewalahan mengelola banyak saluran sosial dan penjualan dengan ekspektasi para pengguna yang mengharapkan adanya tanggapan secara real-time dari merek.

Selain itu, dengan raksasa ecommerce yang mengambil kepemilikan data-data penting penjualan global, seller lokal menghadapi kurangnya data pihak pertama yang tepat untuk membuat wawasan akurat tentang bisnis mereka sendiri.

Dengan adanya masalah tersebut, Sleekflow (platform omnichannel chat) telah mengembangkan opsi bagi seller atau merek lokal untuk meningkatkan potensi social commerce mereka.

Pembelian Langsung dari Social Chats

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF