Tak Harus ke Pulau Dewata, Ini 4 Makanan Khas Bali yang Mudah Ditemukan

(Nusantara7.id) – Bali terkenal dengan makanannya yang beragam. Ada yang dimasak dengan banyak rempah, memadukan aneka bahan unik, hingga modifikasi rasa yang menarik.

Tak heran, jika Bali menjadi salah satu pilihan lokasi liburan bagi para wisatawan. Tak hanya tentang destinasi wisata, Pulau Dewata juga menawarkan kuliner yang tak ada dua.

Berikut deretan makanan Bali yang bisa dicoba:

1. Ayam Betutu

Ayam betutu diolah melalui proses yang cukup lama. Ayam harus direbus terlebih dahulu, kemudian dibumbui dengan aneka rempah.

Selanjutnya, ayam juga diberi santan dengan rasa kuat. Pemberian santan memberikan aroma khas dan tambahan rasa yang lezat pada ayam, yakni rasa manis dan gurih yang berpadu menjadi satu.

2. Ayam Pelalah

Ayam Pelalah dalah masakan berbahan dasar ayam. Sajian ini merupakan masakan khas bali yang menggunakan aneka bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, dan air jeruk nipis.

Uniknya, cara memasak kuliner Bali ini harus melalui beberapa tahap. Ayam pelalah diproses mulai dari disuwir lebih dulu hingga dibumbui.

3. Rujak Buleleng

Sekilas, rujak Buleleng memiliki tampilan yang terlihat mirip dengan rujak Jawa pada umumnya. Namun, rujak khas Bali ini memiliki perbedaan dengan rujak lainnya.

Rujak Buleleng tidak dibumbui dengan kacang, melainkan dengan gula aren khas Buleleng, cuka, terasi, garam, cabai rawit, dan pisang batu. Dengan kombinasi bumbu tersebut, tak heran jika makanan ini memiliki rasa sepat di lidah.

4. Sate Lilit Bali

Berbicara tentang kuliner khas Bali tentu kurang lengkap rasanya jika tak membahas tentang sate lilit. Seperti yang diketahui, di Indonesia terdapat banyak jenis sate, seperti sate kambing, sate ayam, sate sapi, sate padang, dan lainnya.

Sate lilit merupakan salah satu jenis sate khas dari Bali. Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat kuliner ini adalah daging cincang yang telah dibumbui.

Daging tersebut kemudian dililitkan ke bilah bambu atau batang serai. Sate lilit khas Bali memiliki cita rasa gurih dan beraroma rempah serai yang kuat. (AGP/AR)

Sumber : liputan6.com

 

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF