Telkom Klaim Layanan Indihome dan Telkomsel Berangsur Pulih

(NS7) – Setelah terjadi gangguan sejak Minggu (19/9/2021) sore, layanan Telkomsel dan IndiHome diklaim berangsur pulih pada Senin (20/9/2021) siang ini.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengklaim baik layanan fixed broadband (IndiHome) dan mobile broadband (Telkomse) mulai kembali pulih sejak tengah malam hingga Senin (20/9/2021) pagi.

Pujo mengatakan Telkom Group tengah melakukan perbaikan di jalur komunikasi menuju Batam.

“Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” jelas Pujo.

Sebelumnya, Telkom mengatakan bahwa gangguan terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa Sumatera, dan Kalimantan di ruas Batam-Pontianak.

Gangguan teridentifikasi terjadi mulai Minggu sore pukul 17.33 WIB. Pujo merinci, gangguan ada di titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” imbuh Pujo dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (20/9/2021).

Pujo juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan IndiHome dan Telkomsel.

Sebagian masih gangguan 

Kendati demikian, masih ada beberapa pengguna Telkomsel dan IndiHome yang mengalami gangguna jaringan internet pada Senin pagi.

“Sampai sekarang masih (error). Aku cuma bisa WhatSapp-an doang,” kata Ika, salah satu pengguna by.U di Sleman, Yogyakarta. Diketahui, by.U juga menggunakan jaringan Telkomsel.

Senada dengan Ika, pantauan KompasTekno di lini masa Twitter, sejumlah pengguna IndiHome dan Telkomsel juga masih mengeluhkan gangguan, seperti kesulitan mengakses Zoom.

Hal ini membuat “Indihome” ramai diperbincangkan dan masuk daftar trending topic Indonesia pada Senin pagi. Salah satu keluhan ditulis pengguna Twitter dengan handle @ng_rhy.

“Mau (buka) Zoom tapi IndiHome masih error,” tulisnya.

Twit serupa juga diunggah pengguna Twitter lain dengan handle @juumiil.

“Kagak bisa masuk Zom wkwkwk IndiHome,” kicaunya.

Hal yang sama juga dilontarkan pengguna dengan handle @kapanmanis17.

“Indihome mengadeh sekali dah, gak konek-konek mau di HP mau di laptop, gak bisa semua, ada kelas pakai Zoom weh ini, mana kuota sekarat,” tulisnya.

Selain itu, beberapa pengguna juga khawatir gangguan layanan Indihome mengganggu kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) yang mulai berlangsung hari ini. Namun, beberapa pengguna lain mengaku kualitas layanan sudah kembali seperti biasanya. “Telkomsel-nya (sudah) enggak (gangguan).

IndiHome masih (error) kayak kemarin,” kata Kiki, pengguna layanan Telkom asal Solo, Jawa Tengah. (AGP/GS)

Source : https://www.kompas.com/

   Send article as PDF