Viral Peminjaman Tabung Oksigen Gratis untuk Pasien COVID-19, Bagaimana Caranya?

Jakarta – Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia membuat kebutuhan masyarakat akan oksigen meningkat. Baru-baru ini, beredar info soal program peminjaman tabung oksigen gratis bagi pasien COVID-19 di kawasan Jabodetabek.

Program tersebut digelar oleh Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia, berlangsung pada 1-20 juli 2021. Lantaran stok tabung terbatas dan jumlah pendaftar banyak, setiap peminjam diberi batas durasi 5-7 hari.

“Kalau untuk orang yang meminjam (dibatasi) 5-7 hari. Kalau saturasi oksigen itu sudah meningkat, ya sudah dikembalikan. Kan orang yang butuh banyak banget. Kita nggak bisa kasih pinjam untuk yang di rumah sakit, puskesmas, atau Wisma Atlet,” terang Koordinator Tim Kerja dari Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia, Alif Iman Nurlambang pada detikcom, Sabtu (3/7/2021).

Alif menjelaskan saat ini program peminjaman oksigen ini diperuntukan pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dengan domisili kota-kota Jabodetabek, bukan kabupaten. Pasalnya, pihaknya harus mempertimbangkan jarak dan kondisi pasien yang membutuhkan.

Peminjam bisa melakukan pendaftaran lebih dulu secara online pukul 07.00-19.00. Namun jika stok tabung harian habis sebelum pukul 19.00, laman pendaftaran akan ditutup untuk hari tersebut.

Jika dinilai mencukupi syarat, tabung oksigen akan diantar ke lokasi isoman pasien. Namun, disebut akan lebih efektif jika keluarga pasien mengambil sendiri tabung oksigen di lokasi Sejuta Tes.

Alif menambahkan, demi efisiensi, kondisi fisik dan tingkat saturasi oksigen pasien juga menjadi pertimbangan dalam prioritas peminjaman tabung oksigen.

“Saturasi harus memang dalam kondisi membutuhkan, tapi masuk akan untuk ditolong oleh kami. Kalau ada orang satruasi sudah di bawah 70, kami nggak bisa toong karena keterbatasan jarak,” terang Alif.

Jangan-jangan khawatirkan kami datang sudah nggak bisa ditolong. Itu sudah menjadi tanggung jawab rumah sakit dan puskesmas setempat,” lanjutnya.

Peminjaman tabung oksigen ini tidak dipungut biaya, melainkan sistem donasi. Masyarakat yang ingin ikut berdonasi bisa melalui rekening Perkumpulan Gerakan Indonesia Kita.

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5629589/viral-peminjaman-tabung-oksigen-gratis-untuk-pasien-covid-19-bagaimana-caranya
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.